VICTOMOLOGY REVIEW IN ECONOMIC EXPLOITATION OF CHILDREN

abidilah - efendi

Abstract


Munculnya eksploitasi terhadap anak baik oleh orang tua maupun pihak lain sebagai pengemis merupakan kejahatan atau tindak pidana karena bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak hal ini menimbulkan kekhawatiran yang mendalam karena kasusnya semakin banyak. Adanya viktimasi anak dimana anak menjadi korban sehingga   mengalami penderitaan fisik, mental dan/atau kerugian ekonomi yang disebabkan oleh tindak pidana.

Penelitian ini mengkaji anak sebagai objek viktimologi dengan memposisikan anak sebagai korban kejahatan, bentuk-bentuk viktimisasi, akibat dan pengaruhnya di dalam masyarakat dengan tujuan memberikan pengetahuan bagi anak sebagai korban kejahatan di ruang lingkup eksploitasi secara ekonomi sebagai pengemis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dilakukan dengan      pendekatan   Yuridis Normatif dan pendekatan Yuridis empiris.

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa Akibat Eksploitasi anak dan pengaruhnya terhadap korban akibat dari adanya tindak eksploitasi kepada anak-anak sebagai pengemis dan pengamen, akan menyebabkan trauma dan menimbulkan efek kesehatan karena selama anak diekploitasi sebagai pengemis anak dibius agar anak selalu tidur sehingga menimbulkan efek kesehatan dan perkembangan otak anak menurun, lebih jauh dari adanya trauma dan efek kejahatan itu juga menyebabkan terhambatnya generasi bangsa. Kenyataan di dalam masyarakat masih sering anak. Faktor penyebab adanya viktimasi terhadap anak dengan cara eksploitasi adalah karena kondisi ekonomi orang tua yang kurang, dipengaruhi lingkungan yang juga melakukan eksploitasi anak, adanya paksaan keluarga, kurangnya kesadaran hukum masyarakat khususnya orangtua pengemis dan pengamem, Program Pemerintah yang kurang menyentuh.


Full Text:

PDF

References


Edwin H. Sutherland, 1985, Criminology, Tenth Ed, J.B. Lippincot Company 1978, hlm. 80-82 vide pula: Stuart H. Trauband Craig B. Little, Theories of Deviance, Third Edition, USA, F.E.Peacock Publishers Inc.,

Frank E. Hagan, 1995, Introduction to Criminology Theories, Methodes, and Criminal Behavior, Nelson Hall, Chicago, 1989, hlm. 443-444, Frank P. William III dan Marilyn McShane, Criminological ..., Op. Cit., hlm. 52 dan Freda Adler dkk, Criminology : The Shorter Version, Second Edition, Mc Graw Hill Inc, USA,

Guse Prayudi. 2008, Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Merkid Press. Yogyakarta,

Rena Yulia, 2010, Viktimologi: Perlindungan Hukum Terhadap Korban Kejahatan, Graha Ilmu, Yogyakarta,

Usman, Hardius dan Nachrowi, 2004, Pekerja Anak Di Indonesia (Kondisi Determinan dan Eksploitasi), Gramedia, Jakarta,

Wagiati soetedjo. 2013, Hukum Pidana Anak. Refika Aditama. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.jih.2022.8.2.308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL IDEA HUKUM (ISSN Online: 2442-7241 | ISSN Print: 2442-7454) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Preserved in LOCKSS, based at Stanford University Libraries, United Kingdom, through PKP Private LOCKSS Network program.